Dahulu jika kita membuat sebuah web, di butuhkan effort yang sangat besar. Mulai dari desain interface, desain database dan membuat script code (entah itu pakai ASP,PHP,JSP or .Net) dari awal. Pola atau desain programming nyapun tidak terencana, yang penting bisa jalan dan jadi sesuai kebutuhan client. Nah, saat ini untuk membuat sebuah website sangatlah mudah dan cepat. Ada 2 cara, yang pertama kita bisa memanfaatkan fasilitas CMS ( seperti blog wordpress, blogspot, jomlaa, dst) atau bisa memanfaatkan MVC framework . Ada kelebihan dan kekurangan dari masing2 cara tersebut. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu CMS atau MVC Framework, kita akan bahas lebih lanjut

Apa itu CMS?

CMS ( Content Management System) adalah program instan yang memberikan fasilitas untuk membangun dan mengelola isi dari sebuah web dengan mudah dan cepat.

Beberapa kelebihan dari CMS:

  1. Good data management.
  2. Good scheduling management isi dari website.
  3. Mendukung web templating dan standarisasi.
  4. Mendukung sindikasi dengan adanya RSS.
  5. Akuntabilitas, bisa dikelola oleh beberapa user dengan hak akses yang berbeda.
  6. Tidak perlu skill programming untuk menggunakannya.

Apa itu MVC Framework ?

MVC framework merupakan area kerja yang mempermudah programmer untuk membangun sebuah web dengan pola yang rapi. Yang ditekankan disini adalah konsep MVCnya (Model – View – Controller) yang dipisahkan. MVC Pattern nya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

1.Modul bisa disesuaikan kebutuhan.

2.Mendukung fasilitas layering untuk database.

3.Lebih bebas dalam pengembangan jika dibandingkan CMS.

Beberapa framework yang mendukung PHP:

Untuk tutorial selanjutnya kita akan fokus ke CodeIgniter, Karena CodeIgniter mempunyai beberapa kelebihan di banding yang lainnya terutama untuk newbie.